Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Kikim Selatan, Lahat

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Kikim Selatan, Lahat



Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Kikim Selatan, Lahat - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Kikim Selatan, Lahat


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di blog Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Kikim Selatan, Lahat, moga-moga berguna.

0 comments