Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bantarsari, Cilacap

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bantarsari, Cilacap


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bantarsari, Cilacap - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bantarsari, Cilacap


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di halaman Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bantarsari, Cilacap, moga-moga bermanfaat.

0 comments