Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Cikulur, Lebak

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Cikulur, Lebak


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Cikulur, Lebak - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Cikulur, Lebak


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di blog Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Cikulur, Lebak, moga-moga ada gunanya.

0 comments