Macam Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tenggarang, Bondowoso

Macam Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tenggarang, Bondowoso


Macam Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tenggarang, Bondowoso - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tenggarang, Bondowoso


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam blog Macam Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tenggarang, Bondowoso, semoga bermanfaat.

0 comments