Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Lengkong, Bandung

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Lengkong, Bandung


Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Lengkong, Bandung - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Lengkong, Bandung


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam web Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Lengkong, Bandung, semoga ada gunanya.

0 comments