Macam Rasa Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Cikancung, Bandung

Macam Rasa Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Cikancung, Bandung



Macam Rasa Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Cikancung, Bandung - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Cikancung, Bandung


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di website Macam Rasa Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Cikancung, Bandung, moga-moga berguna.

0 comments