Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Cikoneng, Ciamis

Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Cikoneng, Ciamis



Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Cikoneng, Ciamis - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Cikoneng, Ciamis


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun keunikan paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam website Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Cikoneng, Ciamis, moga-moga bermanfaat.

0 comments