Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Jual Mesin Coffee Maker di Kuantan Tengah, Kuantan Singingi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Jual Mesin Coffee Maker di Kuantan Tengah, Kuantan Singingi



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Jual Mesin Coffee Maker di Kuantan Tengah, Kuantan Singingi - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Jual Mesin Coffee Maker di Kuantan Tengah, Kuantan Singingi


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Jantung – Jual Mesin Coffee Maker di Kuantan Tengah, Kuantan Singingi, mudah-mudahan bermakna.

0 comments