Manfaat Kopi Hijau Alana – Jual Mesin Coffee Maker di Penjaringan Sari

Manfaat Kopi Hijau Alana – Jual Mesin Coffee Maker di Penjaringan Sari



Manfaat Kopi Hijau Alana – Jual Mesin Coffee Maker di Penjaringan Sari - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Jual Mesin Coffee Maker di Penjaringan Sari


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hijau Alana – Jual Mesin Coffee Maker di Penjaringan Sari, mudah-mudahan berguna.

0 comments