Manfaat Kopi Hijau Untuk Kulit – Online Shop Coffee Maker Di Kongbeng, Kutai Timur

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kulit – Online Shop Coffee Maker Di Kongbeng, Kutai Timur



Manfaat Kopi Hijau Untuk Kulit – Online Shop Coffee Maker Di Kongbeng, Kutai Timur - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kulit – Online Shop Coffee Maker Di Kongbeng, Kutai Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel dalam website Manfaat Kopi Hijau Untuk Kulit – Online Shop Coffee Maker Di Kongbeng, Kutai Timur, moga-moga bermakna.

0 comments