Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi di Sarolangun, Sarolangun

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi di Sarolangun, Sarolangun


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi di Sarolangun, Sarolangun - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi di Sarolangun, Sarolangun


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di web Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Pembuat Kopi di Sarolangun, Sarolangun, semoga bermanfaat.

0 comments