Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Birem Bayeun, Aceh Timur

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Birem Bayeun, Aceh Timur



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Birem Bayeun, Aceh Timur - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Birem Bayeun, Aceh Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi dalam website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Birem Bayeun, Aceh Timur, semoga bermanfaat.

0 comments