Membuat Kopi Ala Barista – Toko Coffee Maker Di Cibinong, Bogor

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Coffee Maker Di Cibinong, Bogor


Membuat Kopi Ala Barista – Toko Coffee Maker Di Cibinong, Bogor - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Coffee Maker Di Cibinong, Bogor


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam website Membuat Kopi Ala Barista – Toko Coffee Maker Di Cibinong, Bogor, semoga berpengaruh.

0 comments