Membuat Kopi Enak – Penjual Coffee Maker di Meureudu

Membuat Kopi Enak – Penjual Coffee Maker di Meureudu


Membuat Kopi Enak – Penjual Coffee Maker di Meureudu - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak – Penjual Coffee Maker di Meureudu


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di website Membuat Kopi Enak – Penjual Coffee Maker di Meureudu, moga-moga berguna.

0 comments