Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Kios Mesin Coffee Maker Di Johan Pahlawan, Aceh Barat

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Kios Mesin Coffee Maker Di Johan Pahlawan, Aceh Barat



Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Kios Mesin Coffee Maker Di Johan Pahlawan, Aceh Barat - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Kios Mesin Coffee Maker Di Johan Pahlawan, Aceh Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di blog Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Kios Mesin Coffee Maker Di Johan Pahlawan, Aceh Barat, semoga berguna.

0 comments