Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Coffee Maker Di Ampek Nagari, Agam

Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Coffee Maker Di Ampek Nagari, Agam


Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Coffee Maker Di Ampek Nagari, Agam - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Coffee Maker Di Ampek Nagari, Agam


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam blog Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Coffee Maker Di Ampek Nagari, Agam, mudah-mudahan berguna.

0 comments