Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru

Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru


Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah di website Membuat Kopi Susu Sederhana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Selatan, Kotabaru, moga-moga berguna.

0 comments