Membuat Kopi Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Greged, Cirebon

Membuat Kopi Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Greged, Cirebon



Membuat Kopi Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Greged, Cirebon - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Greged, Cirebon


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam blog Membuat Kopi Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Greged, Cirebon, semoga ada gunanya.

0 comments