Membuat Lulur Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Parung, Bogor

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Parung, Bogor


Membuat Lulur Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Parung, Bogor - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Lulur Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Parung, Bogor


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam halaman Membuat Lulur Kopi Sendiri – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Parung, Bogor, semoga berpengaruh.

0 comments