Membuat Scrub Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Berampu, Dairi

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Berampu, Dairi



Membuat Scrub Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Berampu, Dairi - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Berampu, Dairi


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah dalam web Membuat Scrub Kopi Sendiri – Toko Online Coffee Maker di Berampu, Dairi, moga-moga berguna.

0 comments