Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker Di Tuntang, Semarang

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker Di Tuntang, Semarang


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker Di Tuntang, Semarang - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker Di Tuntang, Semarang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah di web Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker Di Tuntang, Semarang, moga-moga ada gunanya.

0 comments