Teknik Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Sleman

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Sleman



Teknik Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Sleman - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Sleman


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam halaman Teknik Membuat Kopi Tubruk – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pakem, Sleman, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments