Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Simalungun

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Simalungun



Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Simalungun - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Simalungun


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di website Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Simalungun, semoga bermanfaat.

0 comments