10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Gerunggang, Pangkal Pinang

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Gerunggang, Pangkal Pinang


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Gerunggang, Pangkal Pinang - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Gerunggang, Pangkal Pinang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di web 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Gerunggang, Pangkal Pinang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments