Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Gunung Sari

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Gunung Sari


Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Gunung Sari - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Gunung Sari


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam halaman Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Gunung Sari, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments