Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayan, Purworejo

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayan, Purworejo



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayan, Purworejo - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayan, Purworejo


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam web Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Bayan, Purworejo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments