Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tengah

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tengah



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tengah - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam blog Cara Membuat Kopi Ala Cafe Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tengah, moga-moga bermanfaat.

0 comments