Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi Di Jatiwaras, Tasikmalaya

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi Di Jatiwaras, Tasikmalaya



Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi Di Jatiwaras, Tasikmalaya - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi Di Jatiwaras, Tasikmalaya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam blog Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Pembuat Kopi Di Jatiwaras, Tasikmalaya, moga-moga ada gunanya.

0 comments