Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Panton Reu, Aceh Barat

Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Panton Reu, Aceh Barat



Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Panton Reu, Aceh Barat - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Panton Reu, Aceh Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di website Cara Membuat Kopi Tubruk Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Panton Reu, Aceh Barat, semoga ada manfaatnya.

0 comments