Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Coffee Maker di Ngemplak, Sleman

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Coffee Maker di Ngemplak, Sleman


Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Coffee Maker di Ngemplak, Sleman - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Coffee Maker di Ngemplak, Sleman


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam halaman Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Coffee Maker di Ngemplak, Sleman, moga-moga bermanfaat.

0 comments