Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Air Nipis, Bengkulu Selatan

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Air Nipis, Bengkulu Selatan



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Air Nipis, Bengkulu Selatan - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Air Nipis, Bengkulu Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di website Cara Meracik Kopi Kapal Api Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Air Nipis, Bengkulu Selatan, semoga ada manfaatnya.

0 comments