Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Tembilahan, Indragiri Hilir

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Tembilahan, Indragiri Hilir



Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Tembilahan, Indragiri Hilir - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Tembilahan, Indragiri Hilir


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di blog Cara Meracik Kopi Yang Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Tembilahan, Indragiri Hilir, moga-moga bermanfaat.

0 comments