Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ulu Musi, Empat Lawang

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ulu Musi, Empat Lawang



Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ulu Musi, Empat Lawang - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ulu Musi, Empat Lawang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam blog Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ulu Musi, Empat Lawang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments