Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Jekan Raya, Palangka Raya

Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Jekan Raya, Palangka Raya



Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Jekan Raya, Palangka Raya - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Jekan Raya, Palangka Raya


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di blog Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Jekan Raya, Palangka Raya, moga-moga bermanfaat.

0 comments