Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Cibadak, Sukabumi

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Cibadak, Sukabumi



Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Cibadak, Sukabumi - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Cibadak, Sukabumi


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Cibadak, Sukabumi, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments