Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Kamang Magek, Agam

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Kamang Magek, Agam



Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Kamang Magek, Agam - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Kamang Magek, Agam


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam blog Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Kamang Magek, Agam, semoga berpengaruh.

0 comments