Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli

Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli


Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam web Jenis Kopi Arabika Dan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli, semoga berpengaruh.

0 comments