Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Air Hangat Timur, Kerinci

Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Air Hangat Timur, Kerinci



Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Air Hangat Timur, Kerinci - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Air Hangat Timur, Kerinci


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam web Jenis Kopi Bali – Penjual Mesin Coffee Maker di Air Hangat Timur, Kerinci, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments