Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ketungau Tengah, Sintang

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ketungau Tengah, Sintang



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ketungau Tengah, Sintang - Biar kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ketungau Tengah, Sintang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ketungau Tengah, Sintang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments