Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi di Perak Barat

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi di Perak Barat



Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi di Perak Barat - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi di Perak Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di web Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Mesin Pembuat Kopi di Perak Barat, semoga ada manfaatnya.

0 comments