Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi di Kota Pinang

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi di Kota Pinang



Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi di Kota Pinang - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi di Kota Pinang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di website Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Pembuat Kopi di Kota Pinang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments