Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Tanjung Agung Palik, Bengkulu Utara

Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Tanjung Agung Palik, Bengkulu Utara



Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Tanjung Agung Palik, Bengkulu Utara - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Tanjung Agung Palik, Bengkulu Utara


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Tanjung Agung Palik, Bengkulu Utara, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments