Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Coffee Maker di Pujer, Bondowoso

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Coffee Maker di Pujer, Bondowoso



Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Coffee Maker di Pujer, Bondowoso - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Coffee Maker di Pujer, Bondowoso


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di web Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Penjual Coffee Maker di Pujer, Bondowoso, moga-moga berguna.

0 comments