Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Kec. Buahbatu

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Kec. Buahbatu


Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Kec. Buahbatu - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Kec. Buahbatu


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di halaman Jenis Kopi Yang Digunakan Starbucks – Online Shop Coffee Maker Di Kec. Buahbatu, semoga berpengaruh.

0 comments