Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Cibingbin, Kuningan

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Cibingbin, Kuningan


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Cibingbin, Kuningan - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Cibingbin, Kuningan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam blog Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Cibingbin, Kuningan, semoga berguna.

0 comments