Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Kotamobagu

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Kotamobagu


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Kotamobagu - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Kotamobagu


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keunikan paling menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam web Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Kotamobagu, moga-moga ada gunanya.

0 comments