Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Pembuat Kopi di Peukan Bada, Aceh Besar

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Pembuat Kopi di Peukan Bada, Aceh Besar


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Pembuat Kopi di Peukan Bada, Aceh Besar - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Pembuat Kopi di Peukan Bada, Aceh Besar


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Pembuat Kopi di Peukan Bada, Aceh Besar, mudah-mudahan berguna.

0 comments