Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Masalembu, Sumenep

Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Masalembu, Sumenep


Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Masalembu, Sumenep - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Masalembu, Sumenep


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun keunikan paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam blog Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Masalembu, Sumenep, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments