Khasiat Kopi Badang – Onlineshop Coffee Maker Di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara

Khasiat Kopi Badang – Onlineshop Coffee Maker Di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara



Khasiat Kopi Badang – Onlineshop Coffee Maker Di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Onlineshop Coffee Maker Di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di web Khasiat Kopi Badang – Onlineshop Coffee Maker Di Padang Bolak Julu, Padang Lawas Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments