Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Online Pembuat Kopi di Sumur Welut

Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Online Pembuat Kopi di Sumur Welut



Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Online Pembuat Kopi di Sumur Welut - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Online Pembuat Kopi di Sumur Welut


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Online Pembuat Kopi di Sumur Welut, moga-moga bermakna.

0 comments